< Back to News

Beda Keju Parmesan dan Cheddar Secara Penggunaan untuk Masakan

08 May 2022

Beda Keju Parmesan dan Cheddar Secara Penggunaan untuk Masakan

Sering digunakan dalam masakan dan memiliki bentuk yang serupa, keju parmesan dan keju cheddar memiliki rasa, tekstur, dan penggunaan berbeda.

Keju cheddar dan parmesan jadi keju paling umum yang bisa ditemukan dalam banyak macam makanan. Bukan tanpa alasan, kedua jenis keju tersebut lebih mudah diaplikasikan ke dalam makanan serta bisa ditemukan di toko-toko terdekat. 

Dalam mengaplikasikannya ke dalam makanan, Anda mungkin sering bingung memilih keju mana yang tepat? sekilas kedua keju tersebut nampak serupa. Keduanya terbuat dari susu dan melalui proses maturasi. Rasanya pun mirip. Anda juga dapat mendapatkan manfaat keju cheddar dan parmesan yang sama untuk kesehatan tulang, gigi, hingga otak. 

Untuk memastikan pilihan keju mana yang sesuai untuk hidangan Anda, simak beda keju parmesan dan cheddar berikut ini. 

Baca Juga : MILD RED NATURAL CHEDDAR CHEESE BLOCK

  1. Keju Parmesan

Keju parmesan punya kompleksitas yang dihasilkan dari proses maturasi. Ada yang lebih manis, nutty, hingga earthy. Begitu juga dengan warnanya yang beragam mulai dari putih pucat hingga keemasan. Tergantung berapa lama keju parmesan tersebut melalui proses maturasi. 

Rasa keju parmesan yang cenderung asin membuat keju jenis ini lebih cocok dipadukan dengan menu-menu savoury seperti pizza, pasta, sup, atau saus. Kegunaan keju parmesan lainnya adalah memberikan rasa gurih terutama pada hidangan kaldu atau sup.

Biasanya keju parmesan digunakan saat proses akhir memasak. Ketika masakan sudah jadi, Anda dapat memarut atau menaburkan keju parmesan di atas hidangan. Hal ini bisa menambah citarasa makanan jadi lebih enak. 

Parmesan juga bisa diolah menjadi makanan manis seperti cake atau cookies. Meskipun umumnya digunakan untuk hidangan gurih seperti salad, carpaccio, risotto, atau casserole. 

  1. Keju Cheddar

Keju cheddar adalah jenis keju yang paling sering digunakan di berbagai bahan masakan dari belahan dunia. Pada keju cheddar alami yang proses pematangannya berbeda-beda membuat keju ini memiliki karakteristik rasa,tekstur dan warna yang berbeda sesuai dengan umur kematangannya. 

Semakin lama tingkat pematangannya rasa yang dihasilkan menjadi lebih kuat, warnanya menguning, dan tekstur lebih keras. Sedangkan keju dengan maturasi yang pendek akan lebih lembut. 

Keju cheddar terasa lebih lembut dan creamyKegunaan keju cheddar biasanya untuk makanan gurih maupun manis. Caranya bisa diparut, dilelehkan, atau dipotong-potong kemudian dicampurkan kedalam masakan. Entah sebagai topping atau isi. Keju cheddar bisa meleleh dengan baik. 

Seperti dalam burger, keju cheddar menjadi lebih lengket, lentur, dan meleleh. Anda juga bisa menjadikan keju cheddar sebagai camilan yang langsung dimakan. Selain burger, Anda dapat mengolah keju cheddar menjadi berbagai masakan seperti mashed potatoes, nachos, dan mac and cheese. 

Resep Olahan Keju 

Ada keju yang lebih cocok pada makanan tertentu saja. Misalnya burger lebih cocok dengan keju cheddar. Namun, kedua jenis keju ini juga bisa saling melengkapi. Dalam pizza, kedua keju bisa disatukan. Hidangan pasta juga tidak hanya menggunakan keju parmesan. Ada juga yang memakan keju cheddar. Semuanya kembali lagi kepada kebutuhan dan selera. 

Untuk memperkaya inspirasi memasak Anda, inilah 2 resep makanan menggunakan keju parmesan dan cheddar. 

  1. Spaghetti Black Beef Olive with Parmesan 

Bahan-Bahan 

  1. Kaldu sapi 250 gram 

Master gourmet 250 gram

Tomato pulp 150 gram

Whole peeled tomato 150 gram

Tomato paste 25 gram

  1. Master Gioia Special 50 gram 

Bawang bombay 25 gram

Bawang putih 10 gram

Penyedap rasa sapi 15 gram 

Oregano dry 2 gram

Seledri 5 gram

  1. Daging sapi giling 500 gram 
  2. Spaghetti (rebus) 
  3. Happy Valley Grated Parmesan Cheese 20 gram 

Bonigrasa 50 Ch Mf 10 gram 

Merica bubuk 5 gram

Garam 20 gram 

Cara Membuat 

  1. Blender bahan (a) 
  2. Masak bahan (b) 
  3. Lalu masukkan bahan (c), (d), (e), dan (f) 
  4. Aduk rata hingga matang 
  5. Spaghetti siap disajikan 

Baca Juga : DAIRY & PRODUK TURUNAN NATURAL CHEDDAR CHEESE BLOCK CRACKED BLACK PEPPER FLAVOR

  1. Tortilla pizza with Cheddar Cheese

Bahan-Bahan 

Cara Membuat 

  1. Panaskan oven ke 200”C.
  2. Parut keju mozzarella dan Mid Red Natural cheese
  3. Dengan menggunakan Tortilla sebagai dasar, sebarkan saus tomat diatasnya secara merata kemudian taburi dengan keju yang sudah diparut.
  4. Panggang selama 8 menit.
  5. Beri hiasan Daun Basil dan sajikan panas

Delisari menyediakan berbagai varian keju cheddar dan parmesan sebagai pelengkap. Untuk keju cheddar, Anda dapat menggunakan Mild White Natural Cheddar Cheese BlockMedium White Natural Cheddar Cheese Block, Mild Red Natural Cheddar Cheese BlockNatural Cheddar Cheese Block Cracked Black Pepper FlavorNatural Cheddar Cheese Block Plus Chili FlavorNatural Cheddar Cheese Block Plus Smoke Flavor


Ada juga keju cheddar yang rendah lemak seperti  22% reduced Fat Natural Cheddar Cheese dan 22% Reduced Fat Natural Colored Cheddar Cheese. Untuk ,merk keju parmesan, tersedia Happy Valley Grated Parmesan Cheese yang menghasilkan rasa dan aroma yang kuat. Anda bisa dapatkan produk keju premium Delisari melalui Tokopedia, Blibli, Shopee, supermarket terdekat, atau klik www.delisari.com

WA WA Loading