< Back to News

Cara Membuat Whipped Cream Anti Gagal di Rumah

15 Mar 2022

Cara Membuat Whipped Cream Anti Gagal di Rumah

Memilih bahan terbaik berupa krim cair dapat menghasilkan whipped cream yang sempurna secara mudah dan cepat. 

Whipped cream banyak digunakan untuk isian, lapisan, maupun dekorasi. Fungsi whipped cream dalam hidangan tidak hanya untuk memperkaya rasa. Sebagai salah satu bahan membuat kue, menggunakan whipped cream juga akan membuat hidangan semakin cantik dan menggugah selera. 

Warnanya yang cantik, teksturnya yang lembut, dan rasanya yang enak menjadikan whipped cream banyak diaplikasikan pada berbagai jenis hidangan hingga minuman. 

Tips Membuat Whipped Cream 

Untuk membuat resep whipped cream anti gagal, perhatikan beberapa tips di bawah ini:

  1. Pastikan krim cair yang dikocok dalam keadaan dingin. Maka, sebelum digunakan Anda harus menyimpan krim cair di dalam lemari pendingin dengan suhu normal selama 1 atau 2 hari. Krim tidak akan mengental jika dikocok dalam keadaan suhu normal (tidak dingin).
  2. Sebaiknya, gunakan wadah untuk mengocok krim yang terbuat stainless steel. Sebab, wadah dari stainless steel memiliki kemampuan untuk menahan suhu dingin dari krim cair yang sebelumnya sudah masuk ke lemari pendingin. 
  3. Pilih wadah yang cukup besar karena meskipun awalnya sedikit, tapi  whipped cream tersebut akan mengembang. 
  4. Selain material wadah, perhatikan juga kebersihannya. Hal ini berlaku untuk semua alat yang digunakan untuk membuat whipped cream mulai dari wadah, sendok, hingga mixer supaya tidak terkontaminasi. 
  5. Untuk hasil terbaik, dinginkan juga wadah dan tungkai mixer di dalam lemari pendingin selama 15 menit sebelum pengocokan. Jadi, saat pengocokan semuanya dalam keadaan dingin. Suhu dingin akan membantu whipped cream untuk mengembang dengan baik dan cepat.

Baca Juga : Whipping Cream Dairy VS UHT Whipping Cream Non Dairy

Bahan Terbaik untuk Hasil Maksimal

Bahan bahan untuk membuat whipped cream sangat sederhana yaitu krim cair atau krim bubuk. Untuk hasil bagus, Anda dapat menggunakan krim cair. Anda hanya perlu mengocoknya beberapa menit hingga mendapat tekstur yang diinginkan.

Delisari mempunyai 3 pilihan whipping cream cair yang dapat Anda pilih. Ketiga produk ini punya kelebihannya masing-masing dan termasuk kategori semi dairy. Sehingga, teksturnya tidak mengalami pemisahan dan lebih kokoh. 

  1. Monnalisa 

Whip cream cair ini hadir dengan rasa vanila. Warnanya putih cerah. Selain itu, teksturnya juga kokoh sekaligus lembut. Memiliki overrun tinggi sebanyak 4 kali dalam 3-5 menit. Hasil akhirnya yang cantik mengkilap membuat produk ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk topping maupun dekorasi hidangan istimewa Anda. 

  1. Master Gourmet 

Krim multifungsi ini memiliki kandungan 25% lemak nabati. Warnanya putih gading dan agak gurih. Khusus untuk krim kocok, produk ini bisa overrun hingga 3 kali lipat jika dikocok dalam kecepatan sedang selama 3 - 5 menit.

  1. Pleasure Gold

Warnanya putih gading dan memiliki overrun mencapai 3 kali lipat dalam pengocokan selama 3 - 5 menit. Rasa krim cair serbaguna ini cenderung tawar. Sehingga, bisa Anda kreasikan dengan variasi rasa seperti vanila, strawberry, dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Pleasure Gold - Mix Dairy Cream

Cara Membuat Whipping Cream Cair

Dengan memilih cream cair, Anda bisa lebih mudah membuat whipped cream. Bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut cara membuat whipping cream sendiri di rumah.

  1. Dinginkan krim cair, wadah, dan tungkai pengaduk di lemari pendingin
  2. Siapkan bahan tambahan lain seperti gula atau perasa. Jika Anda menggunakan krim cair rasa tawar.
  3. Masukan krim cair yang sebelumnya sudah didinginkan ke dalam wadah secukupnya. 
  4. Mulai kocok krim cair menggunakan mixer dengan kecepatan sedang selama 2 sampai 3 menit. Anda juga dapat menggunakan whisk atau pengocok kue manual untuk cara membuat whipping cream tanpa mixer
  5. Krim sudah mulai bergelembung, mengembang, dan mengental. Jika Anda memakai krim tawar dan ingin menambahkan gula atau perasa lainnya, inilah saatnya untuk memasukkan bahan tersebut. 
  6. Lanjutkan pengocokan hingga merata dan sampai pada tahap soft peak. Tahapan ini menunjukkan tekstur whipped cream menjadi lebih ringan. Ditandai dengan ujung krim yang tumpul. Angkat mixer dan perhatikan gumpalan cream yang ada di tungkai. Jika ujungnya mencekung, berarti whipped cream sudah soft peak. 
  7. Pada tahap ini, whipped cream sudah bisa digunakan. Teksturnya telah cukup lembut dan belum terlalu mengeras. Namun, Anda juga dapat mendapatkan hasil yang lebih kokoh dan kaku dengan pengocokan yang lebih lama. 
  8. Lanjutkan pengocokan sampai tahap hard peak. Dimana ujung krim sangat tegak. Whipped cream pun akan jadi lebih kuat. Tidak akan mudah jatuh meskipun wadahnya dibalik. 
  9. Hentikan pengocokan jika sudah dapat tekstur yang diinginkan. Terlalu banyak mengocok akan membuat teksturnya pecah dan warnanya menguning. 
  10. Whipped cream siap diaplikasikan ke dalam hidangan

Pemilihan bahan yang terbaik dan pengadukan yang tepat akan menghasilkan whipped cream yang sempurna. Anda tidak akan gagal. Whipped cream yang baik punya tekstur yang halus dan merata, lembut, kuat, dan mengkilap. Dapatkan semua produk tersebut secara online di Tokopedia, Blibli, Shopeesupermarket terdekat, atau klik www.delisari.com

WA WA Loading