< Back to News

Cara Menyimpan Keju yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

04 Apr 2022

Cara Menyimpan Keju yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Keju merupakan makanan yang berasal dari bahan dasar susu. Bahan dasar keju bisa berasal dari susu sapi, kambing, domba, atau kerbau. Dalam industri keju, keju alami dan olahan sama-sama bisa digunakan untuk bahan makanan. Sebagai pelengkap makanan atau dimakan langsung. 

Keju dapat diolah menjadi banyak jenis makanan. Anda bisa membeli satu jenis keju untuk bisa digunakan berkali-kali pada beragam makanan yang berbeda. Keju juga sangat mudah berjamur. Anda harus memperhatikan cara menyimpan keju yang benar agar rasa dan aromanya pun tetap terjaga kualitasnya. 

Cara Menyimpan Keju

  1. Simpan dalam kemasan tertutup dan tidak kena cahaya langsung

Setelah kemasan keju dibuka dan digunakan, simpan kembali keju tersebut dalam kemasan tertutup. Jangan sampai terkena cahaya matahari langsung. Hal ini dilakukan agar keju tidak cepat kering dan rusak. Selain itu menyimpan keju dalam kemasan tertutup seperti container box membuat rasa dan aromanya juga bisa tetap sama seperti saat pertama membeli.

  1. Jangan simpan keju dalam plastik

Meskipun harus disimpan dalam wadah tertutup, tidak disarankan untuk menyimpannya langsung di dalam plastik. Hal ini dikarenakan keju membutuhkan oksigen untuk bisa bernapas serta  keju akan menyerap rasa dari plastik pembungkusnya. Sehingga rasa dan aroma keju sudah tidak layak lagi digunakan. 

  1. Kemas dalam 2 lapisan

Penggunaan plastik dibolehkan jika sebelumnya keju sudah dibungkus dengan kertas lilin, kertas roti, atau clingfilm terlebih dahulu. Penggunaan kertas akan menjadi penghalang antara keju dengan plastik. Setelah terbungkus rapi, masukkan keju ke dalam plastik atau container box untuk disimpan di lemari pendingin.

Selain itu, perhatikan juga cara membungkusnya supaya tidak terlalu ketat maupun terlalu longgar. Kalau sama sekali tidak ada ruang bagi keju untuk bernapas, maka rasanya bisa seperti plastik pembungkusnya dan berbau tidak sedap. Bila membungkusnya terlalu longgar bisa menyebabkan keju menjadi kering. Selain itu ganti kertas setiap Anda melepas bungkus atau menggunakan keju.

  1. Lapisi dengan kertas khusus keju

Jika Anda masih bingung memilih pembungkus yang tepat. Ada kertas yang memang dikhususkan untuk menyimpan keju. Kertas ini memiliki pori-pori yang bisa melindungi keju dari udara langsung sekaligus membuatnya bisa bernapas.

  1. Simpan di kulkas dengan suhu stabil

Setiap area di kulkas punya suhu yang berbeda. Disarankan untuk menyimpan keju di area yang mempunyai suhu stabil dan dingin seperti di rak sayuran, tidak di freezer. Menyimpan keju dalam freezer dengan suhu yang terlalu dingin akan membuat keju menjadi keras, kasar, dan kering. Sehingga kurang enak ketika ingin digunakan kembali.

  1. Potong area keju yang berjamur

Ketika menemukan keju yang sudah berjamur, Anda masih bisa mengkonsumsinya,  asal bagian yang berjamur tersebut sudah dipotong. Sisanya, masih bisa disimpan atau dimakan. Kecuali jenis keju mozzarella, ricotta, atau blue cheese yang bertekstur agak lembut bila sudah berjamur tidak bisa dimakan dan harus dibuang. Sedangkan untuk keju parmesan atau cheddar, Anda masih bisa tetap mengkonsumsi dengan membuang bagian yang berjamur terlebih dahulu.

  1. Tidak membeli secara berlebihan

Untuk menghindari kerepotan dalam menyimpan keju, sebaiknya beli keju secukupnya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan yang ada. Sehingga tidak perlu ada keju yang tersisa. Kalaupun ada, usahakan sisanya tidak banyak dan tidak perlu menyimpan keju berlama-lama.

Selain memperhatikan cara penyimpanannya, Anda juga perlu memilih keju dengan kualitas tinggi. Kualitas keju yang baik akan membuat proses penyimpanan keju menjadi lebih tahan lama. Rasa dan aromanya pun terjaga sempurna. Delisari menyediakan bermacam-macam keju yaitu Mild White Natural Cheddar Cheese Block, Mild Red Natural Cheddar Cheese Block, Medium White Natural Cheddar Cheese Block, Italian Natural Cheddar Cheese Block 

Jika mencari keju dengan rasa tertentu, Anda dapat mencoba Natural Cheddar Cheese Block Cracked Black Pepper Flavor, Natural Cheddar Cheese Block Plus Chili Flavordan Natural Cheddar Cheese Block Plus Smoke Flavor.  

Ada pula keju dengan kandungan lemak yang rendah seperti 22% Reduced Fat Natural Cheddar Cheese dan 22% Reduced Fat Natural Colored Cheddar Cheese. Selain itu keju Happy Valley Grated Parmesan Cheese, Eurial Mozzarella Block, Maestrella Mozzarella Shredded juga dapat jadi pilihan tepat untuk sajian Anda. Dapatkan produk di atas secara online melalui Tokopedia, Blibli, Shopee, supermarket terdekat, atau klik www.delisari.com

WA WA Loading